Tiga Manfaat Bahasa Arab

Dalam sebuah hadits dikatakan, “cintailah Arab karena tiga hal! pertama, karena saya berasal dari bangsa ‘Arab. Kedua, karena Al-Qur’an berbahasa ‘Arab, dan karena bahasa penduduk surga adalah bahasa ‘Arab!”

Kendati, hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim (dalam Al-Mustadrok), Baihaqi (dalam Syu’abul Iman), dan At-Thabrani (dalam Al-Ausath) ini dianggap maudhu oleh kebanyakan ulama, tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat umat Islam dari zaman ke zaman untuk mempelajari bahasa ‘Arab. Apakah sebabnya?

Ada tiga hal yang menyebabkan umat Islam terus mempelajari bahasa ‘Arab, ketiganya merupakan manfa’at yang mereka peroleh karena kemampuan berbahasa ‘Arab.

Manfaat Pertama

Dalam struktur ilmu-ilmu Islam tradisional, bahasa ‘Arab dimasukkan ke dalam kelompok “ilmu alat”. Mengapa disebut demikian? karena kebanyakan referensi agama Islam ditulis dalam bahasa ‘Arab dan, bahkan, bacaan-bacaan doa dalam Islam pun menggunakan bahasa ‘Arab. Oleh karena itu, penguasaan atas bahasa ‘Arab dapat membantu kita untuk mempelajari agama Islam.

Manfa’at kedua

Bahasa ‘Arab adalah bahasa umat Islam pada umumnya. Banyak orang di muka bumi ini berbicara dalam bahasa ‘Arab sehingga penguasaan kita atas bahasa ‘Arab dapat pula membantu kita berkomunikasi dan bersilaturahim dengan lebih banyak orang.

Manfa’at Ketiga

Penguasaan atas bahasa ‘Arab dapat membantu kita untuk tujuan-tujuan praktis seperti ketika kita pergi haji atau ‘umroh, di mana penduduk negeri tempat kita berhaji atau umroh berbicara dalam bahasa ‘Arab sehingga akan sangat membantu jika kita bisa berbicara dengan mereka dengan bahasa ‘Arab.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: