Grup Diskusi
Peradaban Islam

Membasuh Jiwa | Merajut Narasi
| Menjalin Ukhuwah

Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah Menciptakan

(QS. Al-‘Alaq: 1)

Manifesto Grup
Diskusi Peradaban Islam

Membasuh Jiwa: Perubahan Dimulai dari Diri Kita

  1. “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad dan Bukhari)
  2. “Betapa beruntungnya orang yang mensucikan jiwa. Dan menyebut Nama Rabbnya kemudian shalat. Tetapi kalian malah mengutamakan kehidupan dunia. Padahal akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Sesungguhnya ini semua tercantum dalam shuhuf para Nabi terdahulu, yakni dalam shuhuf Ibrahim dan Musa” (QS.Al-A’la: 14-19)
  3. “Sesungguhnya di antara orang-orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat denganku yaitu orang-orang yang paling baik akhlaknya.” (HR. Tirmidzi)

Merajut Narasi: Kita Adalah Umat Islam

  1. “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran: 110)
  2. “Ajaklah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah, dan dengan nasihat yang baik, dan berdiskusilah dengan mereka dengan cara yang lebih baik” (QS. An-Nahl: 125)
  3. Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan melakukannya dalam perkara dosa dan permusuhan (QS. Al-Ma’idah: 2)

Menjalin Ukhuwwah: Umat Islam Wajib Bersatu, Jangan Bertengkar

  1. Orang mukmin itu semuanya bersaudara, oleh karena itu, damaikanlah mereka yang bertengkar di antara orang mukmin (QS. Al-Hujurat: 10)
  2. ”Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat dan puasa? Yaitu engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, dan barangsiapa yang ingin panjang usia dan banyak rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi.”(HR. Bukhari)
  3. “Perumpamaan orang-orang muslim dalam hal kecintaan (persaudaraan), dalam hal kelembutan, dan kasih sayang sesama mereka, adalah bagaikan sebuah tubuh. Jika salah satu anggota tubuh itu sakit, maka seluruh tubuh lain akan merasa demam dan tidak dapat tidur” (HR. Bukhari)
  4. Seorang muslim adalah saudara muslim lainnya. (Karena itu) Tidak boleh saling menganiaya atau saling membiarkan. Siapa orang muslim yang berusaha menolong kebutuhan saudaranya, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya. Siapa orang muslim yang membebaskan saudaranya dari penderitaan, maka Allah akan menyelamatkannya dari salah satu penderitaan pada hari kiamat. Siapa yang menutupi aib/cacat seorang muslim, maka Allah akan menutupi cacat/aibnya pada hari kiamat (Bukhari dan Muslim)

Topik-Topik Ramadan

Bedah Buku "Bekal Ramadan"
Karangan Ahmad Zarkasyih

Ramadan akan segera tiba. Ibarat mesin cuci, bulan ini akan mencuci dosa-dosa kita. Serius? Iya, itu kalo kita betul-betul serius mensucikan diri dengan beribadah di dalamnya. Lantas, sudah siapkah kita untuk mengisi Ramadan? Sejauhmanakah persiapan kita?

Kisruh Menentukan Ramadan:
Antara Hisab dan Rukyah

Pada setiap awal ketika akan memulai puasa dan awal ketika akan memasuki "lebaran" hampir selalu terjadi kisruh. Segolongan umat Islam puasa hari ini, tetapi ada pula yang puasa pada hari esoknya. Lebaran pun demikian. Bagaimanakah kita menyikapinya?

Berhati-hatilah Terhadap Amal-Amal
Pemusnah Kebaikan

Gara-gara beberapa amal, di akhirat nanti seseorang akan kehilangan seluruh amal solehnya selama hidup di dunia. Ludes, tak ada satupun tersisa. Bayangkan jika itu terjadi pada diri kita sementara saat ini kita tak sadar sedang melakukan amal-amal pemusnah kebaikan itu.

Memetik Hikmah dari Perang Badar
yang Terjadi di Bulan Ramadan

Perang Badar adalah kemenangan pertama umat Islam. Tetapi di samping itu, ada banyak hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa perang yang tidak imbang ini, bak Daud menumbangkan Jalut, 1000 orang kafir menyerah dari 300 orang mukmin. Yuk, kita petik hikmah-hikmah lainnya.

Cara Menjadikan Al-Qur'an
Sebagai GPS untuk Mencapai Surga

Gara-gara beberapa amal, di akhirat nanti seseorang akan kehilangan seluruh amal solehnya selama hidup di dunia. Ludes, tak ada satupun tersisa. Bayangkan jika itu terjadi pada diri kita sementara saat ini kita tak sadar sedang melakukan amal-amal pemusnah kebaikan itu.

Menjadi Kaya dengan Zakat:
Bincang-Bincang Ekonomi Islam

Kata Qur'an, zakat itu--selain sebagai ibadah yang "unquestionable"--juga berfungsi sebagai pensucian harta (dari yang bukan hak kita) dan pensucian jiwa (dari sifat egois "ini milikku"). Selain itu, ibadah ini juga bisa bikin kita dan umat Islam menjadi kaya, solider dan maju.

Visi & Misi Grup Diskusi Peradaban Islam

(Visi) Menjadi wadah yang menyejukkan untuk menjalin ukhuwwah Islamiyah (Misi) dengan (1) membentuk akhlaq pribadi, (2) mendiskusikan ilmu dan persoalan umat, (3) menggagas narasi masa depan umat Islam, dan (4) menolong sesama muslim.

"Saya ingin mengabdikan diri dalam meningkatkan kualitas umat Islam dan merajut ukhuwwah sesama muslim"

MisterArie (Moderator)

error: Content is protected !!