Cara Menggunakan “Add In Qur’an Kemenag in Word” (Free Download Software)

Berawal dari sebuah software yang muncul pada tahun 2005, yang dibenamkan (add in) ke dalam Microsof Word dan memudahkan kita dalam mencari dan menyalin ayat Al-Qur’an ke dalam dokumen kerja kita, kini Mohamad Taufiq, pengembang software tersebut, digandeng oleh Kementerian Agama dan oleh Khathath piawai dari Lembaga Kaligrafi Al-Quran (LEMKA), Ust. Isep Misbah, untuk membuat sebuah software Al-Qur’an add in Microsoft Word dalam bentuk yang lebih paripurna dengan nama “Qur’an Kemenag in Ms Word”.

A. Perbedaan tampilan

Software Mohamad Taufiq versi 2.2

Pada versi 2.2 ini, tampilan Al-Qur’an Mohamad Taufiq hanya berupa jendela kecil yang muncul di tengah layar setelah kita mengklik menu Al-Qur’an pada menu bar “Add in”.

Software Mohamad Taufiq bersama Kemenag

Nah, adapun Qur’an Kemenag in Ms Word yang dikembangkan oleh Mohamad Taufiq tampil dengan toolbar yang beragam dan menyatu dalam satu pita menu.

Sebetulnya, tampilan ini juga pernah dicobakan oleh Mohamad Taufiq pada karyanya yang terbaru, yakni Qur’an in Ms Word versi 3.0, akan tetapi masih banyak yang perlu disempurnakan dari karya versi tersebut.

B. Manfaat Qur’an Kemenag

Dengan menginstall software ini di komputer kita, ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh:

  1. Kita tidak perlu mengetik ayat al-Qur’an yang ingin kita tulis di dokumen kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari ayat yang kita inginkan lalu menyalinnya.
  2. Kita dapat menyalin satu atau lebih ayat, bahkan satu surat. Dan bila kita menginginkan, kita bisa menyalin 30 juz Al-Qur’an untuk keperluan kita dengan menggunakan software ini.

C. Fitur-Fitur Spesial

Ada beberapa fitur spesial yang terdapat pada Qur’an Kemenag in Ms Word.

1. Fitur Pemilihan Surat dan Ayat

Dalam Qur’an Kemenag ini terdapat fitur pencarian surat dan ayat yang kita inginkan, surat apa, dari ayat berapa ke ayat berapa.

2. Fitur Pemilihan Menggunakan Terjemah

Setelah kita menetapkan ingin mencari surat apa, dari ayat berapa sampai ayat berapa, software ini menawarkan kita pemilihan apakah kita ingin menyalin terjemah atau menyalin ayat Al-Quran saja.

3. Fitur Mode Ayat

Selanjutnya, fitur mode ayat memberikan kita pilihan:

  1. apakah kita ingin memberikan tanda kurung pada ayat Al-Qur’an?
  2. apakah kita ingin membubuhi nomor pada akhir ayat?
  3. dalam situasi kita juga ingin menyalin terjemahan, apakah kita ingin menyalin terjemahan itu di bawah ayat secara keseluruhan atau kita ingin menyalinnya secara selang-seling, yakni satu ayat diikuti dengan terjemahannya?
  4. apakah kita juga ingin menyalin nama surat beserta nomor ayatnya?
  5. berapakah ukuran font ayat yang ingin kita gunakan?

4. Fitur Gaya Terjemahan

Setelah kita menentukan mode ayat, jika kita ingin menyalin terjemahan, maka kita diberikan tawaran untuk menggunakan beberapa pemilihan fitur:

  1. apakah kita ingin menggunakan terjemahan kemenag 2020?
  2. apakah kita ingin menggunakan tafsir ringkas kemenag?
  3. apakah kita ingin menggunakan tafsir lengkap kemenag?
  4. apakah kita ingin menggunakan tafsir English Sahih International?

Selain pemilihan gaya terjemahan, kita pun dapat menyesuaikan jenis dan ukuran font pada fitur ini.

Singkat kata, Qur’an Kemenang in Ms Word ini merupakan software add in yang sangat kita perlukan untuk menunjang studi atau pekerjaan kita sehingga sangat perlu bagi kita semua untuk mendownload dan menginstallnya di laptop atau komputer kita.

D. Syarat Instalasi

Syarat untuk menginstalasi software ini adalah sebagai berikut:

  1. Word 2010 (minimal), 2013, dan 2016.
  2. Dalam word 2019, fitur search engine kata dalam bahasa ‘Arab tidak berfungsi (pengalaman penulis), mudah-mudahan Sdr. Mohamad Taufiq dapat mengupgradenya untuk word 2019.
Download Di sini

E. Cara Instalasi dan Penggunaan

Untuk cara instalasi dan penggunaan Qur’an Kemenag in Words, kita dapat tonton video berikut:

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: